Senin, 20 Maret 2017

Manajemen Operasional

Muhammad Nasri


MANAJEMEN OPERASIONAL
1.      Pengertian Manajemen Operasional
(Franklin & Thomas dalam Handoko) Manajemen produksi dan operasi merupakan usaha-usaha pengelolaan sumber daya- sumber daya /faktor-faktor produksi dalam proses transformasi menjadi berbagai produk atau jasa.
(Pontas Pardede) Manajemen produksi dan operasi sebagai pengarahan  dan pengendalian berbagai kegiatan yang mengolah berbagai jenis sumberdaya untuk membuat barang atau jasa tertentu. Sehingga dapat disimpulkan manajemen operasional adalah suatu kegiatan untuk mengatur/mengelola secara optimal atau manajemen pengelolaan sumber daya dalam proses transformasi input menjadi output.
2.      Tujuan Manajemen Operasional
Para manajemen dalam organisasi dalam pelaksanaan manajemen produksi/operasi bertujuan untuk mengatur penggunaan resources yang ada baik yang berupa bahan, tenaga kerja, mesin-mesin dan perlengkapan, sedemikan rupa sehingga proses produksi dapat berjalan dengan efektif dan efisien.
Dengan demikian kita perlu mempelajari menajemen operasional karena :
a.       Manajemen operasional merupakan salah satu dari tiga fungsi utama untuk membuat barang dan jasa dari seluruh organisasi perusahaan, yaitu :
clip_image001      Pemasaran yang membuat adanya permintaan atau mendapat pesanan untuk pembuatan suatu barang.
clip_image001      Produk/poerasi yang menghasilkan produk
clip_image001      Keuangan atau akuntansi yang memantau apakah perusahaan berjalan dengan baik, membayar seluruh tagihan, dan mengumpulkan uang
b.      Untuk mengetahui bagaimana cara memproduksi suatu barang dan jasa
c.        Fungsi produksi merupakan bagaian yang paling penting dan mahal, misalnya untuk perbaikan-perbaikan pelayanan kepada konsumen.
d.      Untuk mengetahui tugas-tugas penting dari seorang manajer operasional

3.      Fungsi-Fungsi Manajemen Operasi dan Produksi
a.       Perencanaan : meliputi seluruh kegiatan mulai dari penentuan barang atau jasa yang akan dibuat, perencanaan pengadaan dan penanganan sumberdaya-sumberdaya yang akan diolah, penentuan jumlah dan jenis serta penataan letak (layout) mesin-mesin dan peralatan yang akan digunakan, penentuan cara dan teknik pengolahan yang akan digunakan, penentuan ciri-ciri dan sifat yang harus dimiliki oleh barang atau jasa yang dihasilkan serta penetapan waktu kapan barang dan jasa yang bersangkutan sudah harus siap untuk dipasarkan.
b.      Pengorganisasian : meliputi seluruh kegiatan penentuan jumlah dan jenis sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk melaksanakan setiap kegiatan
c.       Penelaah : seluruh kegiatan untuk mendapatkan keterangan tentang setiap kegiatan yang dilaksanakan di dalam kegiatan operasi dan produksi.
d.      Pengawasan : meliputi seluruh kegiatan yang dimaksudkan untuk mengarahkan dan menjamin agar berbagai kegiatan yang sudah dan sedang dilaksanakan itu sudah sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

4.      Jenis-Jenis Organisasi dan sumberdaya-sumber yang yang digunakan serta hasil kegiatannya
Dalam melakukan kegiatan operasional, perusahaan akan memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti terlihat dalam Tabel 1.1. :
 Tabel 1.1. Jenis organisasi, sumberdaya yang digunakan dan hasil kegiatan
Jenis Organisasi atau Perusahaan
Sumberdaya yang Digunakan
Hasil Kegiatan
Jenis Hasil Kegiatan
Pabrik pembuatan mobil
Gedung, mesin, tenaga ahli, buruh, komputer, berbagai bahan
Mobil
Barang
Hotel
Gedung, lokasi, kelengkapan dan tataletak sarana, pengelola, pegawai, ruang pertemuan
Penginapan, pertemuan
Jasa
Percetakan
Gedung, mesin, komputer, bahan-bahan baku, desain dan pekerja
Barang cetakan
Barang dan jasa
Toko penjual sepatu
Gedung, lokasi,pengelola, petugas penjualan, tata letak toko
Penjualan
Jasa
Perguruan Tinggi
Gedung, dosen, mahasiswa, kurikulum, lokasi, komputer, laboratoriumdll
Peningkatan kemampuan, hasil penelitian
Jasa
Rumah Sakit
Gedung, lokasi, pengelola, dokter, perawat, peralatan, obat-obatan dan pasien
Kesembuhan
Jasa

5.      Sejarah Perkembangan Manajemen Produksi dan Operasi
Sejarah perkembangan manajemen produksi da operasi tidak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan manajemen.
Perkembangan Manajemen Produksi dan Operasi terlihat dalam tabel 1.2 :
Tabel 1.2. Perkembangan Manajemen Produksi dan Operasi
Tahun
Pelopor
Gagasan / Temuan
1776
Adam Smith
Pembagian pekerjaan dann pengkhususan tenaga kerja
1832
Charles Babbage
Pengelompokkan tenaga kerja dan penugasan berdasarkan keahlian
1881
F. Taylor
Manajemen Ilmiah
1917
H.L. Gantt
Cara-cara penjadwalan tenaga kerja dan mesin, pembebanan pekerjaan di tempat-tempat pengolahan
1931
Walter A. Steward
Pengambilan keputusan statisik dalam manajemen mutu
1947
G.B. Dantzig
Linear Programming
1950
Du Pont
Metode Lintasan Kritis (CPM)
1958
U.S Navy, Booz Allen Hamilton
Program Evaluation and Review Technique (PERT)

6.      Fungsi Manajemen Operasional dalam kegiatan perusahaan
Kegiatan operasi dibedakan dalam dua kelompok utama, yaitu :
a.       Organisasi manufaktur – merupakan jenis organisasi dari kelompok perusahaan yang menghasilkan barang.
Menurut Wild,1983 mengidentifikasikan dua kategori dasar bagi perusahaan manufaktur, yaitu :
1.      Industri dengan proses terus menerus / countinous process industries adalah industri yang memproduksi barang dengan proses kontinyu. Industri jenis ini seringkali menggunakan proses kimia daripada fisik atau mekanisContoh : industri pupuk, gula, semen, farmasi dll.


2.      Industri dengan proses terputus-putus / intermittent process industries adalah industri yang memproduksi barang secara proses individu, yaitu unit per unit. Contoh : industri alat-alat elektronika, kendaraan bermotor, peralatan kantor dan alat-alat rumah tangga
Intermittent process industries dibagi menjadi tiga kelompok :
2.1. Jobbing shop production – sistem volume rendah
2.2. Batch production – sistem volume menengah
2.3. Mass production – sistem volume tinggi
Tabel 1.3. Karakteristik Intermittent Process Industri

Jobbing shop production
Batch production
Mass production
Volume produksi
Variasi jenis poduksi
Ketrampilan tenaga kerja
Standarisasi produk
Spesialisasi peralatan / mesin
Rendah
Tinggi
Tinggi
Rendah
Rendah
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Sedang
Tinggi
Rendah
Rendah
Tinggi
Tinggi

b.      Organisasi jasa – organisasi dari kelompok perusahaan untuk menghasilkan barang yang tidak berwujud
Organisasi jasa dapat dibagi berdasarkan :
1.      Hubungan dengan barang (hubungan langsung dengan barang –seperti distributor barang, restoran, perusahaan angkutan barang , tidak berhubungan langsung dengan barang – seperti akuntan, konsultan, poliklinik)
2.      Tingkat hubungan dengan pelanggan (standart service dan custom service)
3.      Jenis pelayanan (jasa kesehatan dan sosial, hiburan dan rekreasi, pendidikan dan kursus, bisnis dan perdagangan, transportasi dan komunikasi)
Bidang Manajemen Operasi dalam 3 jenis perusahaan :
c.       Produktivitas
 Pembuatan barang atau jasa merupakan suatu proses transformasi dari sumber daya menjadi barang atau jasa. Semakin efisien transformasi itu dilakukan semakin produktif pelaksanaan manajemen operasinya.produkivitas menjadi ukuran utama yang digunakan untuk mengetahui kinerja dari suatu kegiatan operasinya. Produktivitas merupakan ukuran bagaimana sebaiknya suatu sumber diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.
Produktivitas dalam dihitung dalam berbagai bentuk. Tabel 1.4. menunjukkan ukuran produktivitas dalam berbagai organisasi
      Tabel 1.4. Ukuran Produktivitas
Organisasi
Ukuran Produktivitas
Industri
Konstruksi
Bisnis
Pendidikan
Kesehatan
Angkutan udara
Hotel
Bank
Unit produksi/karyawan, total produksi/total biaya
Proyek/teknisi, pendapatan/biaya konstruksi
penjualan/karyawan, pangsa pasar/karyawan
Mahasiswa/fakultas, uang kuliah/biaya administrasi
Pasien/dokter, pasien/tingkat hunian
Penerbangan/pesawat, jam-terbang/pilot
Tingkat hunian/kamar, tingkat hunian/karyawan
Nasabah/kasir, jumlah rekening/biaya administrasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar