Senin, 20 Maret 2017

contoh laporan pkl pada kantor KIP Kota Lhokseumawe

LAPORAN KERJA PRAKTIK
PADA KANTOR KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN
LHOKSEUMAWE


Disusun Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Menyelesaikan Kerja Praktik
Pada Pendidikan Diploma III Politeknik Negeri Lhokseumawe
Jurusan Tata Niaga Program Studi Administrasi Bisnis



Oleh :
MUHAMMAD NASRI
NIM. 1463411001


















KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI
POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE

2016










LEMBAR PENGESAHAN

LAPORAN KERJA PRAKTIK
PADA KANTOR KOMISI INDEPENDEN PEMILIHAN LHOKSEUMAWE

Disusun Oleh:

                                                Nama  : Muhammad Nasri
                                                Nim     : 1463411001
                                                Prodi   : Administrasi Bisnis

Telah memenuhi Syarat untuk menyelesaikan Kerja Praktik pada Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri Lhokseumawe.


Buketrata, 05 Oktober 2016
Disahkan Oleh



Supervisor                                                                   Pembimbing




Tuanku Safrizal, S.Sos                                             Faisal, SE.M.Si
NIP.197612052003121005                                        NIP.197211192003121001



Mengetahui,


Ketua Jurusan Tata Niaga                                           Koordinator Kerja Praktik




Muhammad Jafar, SE.M.Si.Ak.CA                        Rahmi Raihan, SE. M. Si       
NIP.196812311999031006                                        NIP.197509252003122002






KATA PENGANTAR

       Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan kesehatan dan kesempatan, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Kerja Praktik tepat pada waktunya. Salawat dan salam penulis hantarkan kepangkuan nabi besar Muhammad SAW. beserta sahabat dan keluarga beliau yang telah membawa kita dari alam kebodohan ke alam yang penuh dengan ilmu pengetahuan seperti yang kita rasakan saat ini.
       Laporan Kerja Praktik ini merupakan suatu kewajiban bagi setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan Kerja Praktik dan sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan Diploma III (D-III) di Politeknik Negeri Lhokseumawe. Laporan ini juga dibuat sebagai pertanggung jawaban terhadap hal-hal yang telah penulis lakukan selama melaksanakan Kerja Praktik di Kantor Komisi Independen Pemilihan Kota Lhokseumawe yang dilaksanakan tanggal 20 Juni 2016 sampai dengan 02 Agustus 2016. Pada kesempatan ini penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:
1.            Ayahanda tercinta Harun Adam dan Ibunda tercinta Aisyah (almarhummah) serta seluruh keluarga yang senantiasa membantu dan memberikan dukungan baik secara materil ataupun secara spiritual dengan sabar.
2.             Bapak Faisal, SE, M.Si selaku Dosen Pembimbing Kerja Praktik .
3.             Bapak Ir. Nahar, MT, selaku Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe.
4.             Bapak Muhammad Jafar, SE.M.Si.Ak.CA selaku Ketua Jurusan Tata Niaga.
5.             Ibu Kheriah, SH. MH, selaku Ketua Program Studi Administrasi Bisnis
6.             Ibu Rahmi Raihan, SE.M.Si selaku Koordinator Kerja Praktik.
7.             Bapak Indra Wijaya, SE,M.Si selaku Dosen Pembimbing Akademik penulis.
8.             Bapak Syahrir M.Daud selaku Ketua Kantor Komisi independen pemilihan kota lhokseumawe.
9.             Bapak Tuanku safrizal, S.Sos selaku Pembimbing (Supervisor) pada Kantor KIP Kota Lhokseumawe.
10.         Seluruh teman-teman Program studi Administrasi Bisnis Jurusan Tata Niaga Politeknik Negeri lhokseumawe.
       Penulis menyadari penulisan Kerja Praktik ini masih terdapat banyak kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi kesempurnaan laporan ini. Penulis berharap semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis pribadi maupun pembaca sebagai referensi untuk membuat laporan yang lebih baik ke depannya.

Buket Rata, 05 Oktober  2016
Penulis


Muhammad Nasri
NIM : 1463411001
                                                                                   






DAFTAR ISI
KATA PENGESAHAN......................................................................................   ii
KATA PENGANTAR.......................................................................................   iii
DAFTAR ISI........................................................................................................   v
DAFTAR LAMPIRAN.....................................................................................   vi
BAB I... PENDAHULUAN................................................................................   1
1.1    Latar Belakang Kerja Praktik........................................................   1
1.2    Tujuan Kerja Praktik......................................................................   3
1.3    Manfaat Kerja Praktik...................................................................   4
1.4    Sistematika Penulisan Laporan Kerja Praktik................................   5
BAB II... PENGALAMAN KERJA PRAKTIK.............................................   6
2.1    Informasi Singkat Komisi Independen Pemilihan
Lhokseumawe..............................................................................   6
2.1.1   Sejarah singkat...................................................................   6
2.1.2   Visi dan misi.......................................................................   7
2.1.3   Struktur organisasi.............................................................   8
2.1.4   Aktivitas kantor................................................................   10
2.2   Kegitan dan Tugas Harian.........................................................   11
2.3   Hambatan Selama Kerja Praktik...............................................   16
BAB III     PENUTUP.......................................................................................   18
3.1    Kesimpulan................................................................................   18
3.2    Saran..........................................................................................   19
LAMPIRAN



 BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang Kerja Praktik
        Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin hari semakin pesat, yang kemudian diikuti dengan kebutuhan sumber daya manusia yang dapat menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang memadai pula. Hal ini bertujuan agar perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dapat dibarengi dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh sumber daya manusia tersebut. Adanya penuntutan keahlian yang memadai dan handal di bidang masing-masing,berguna untuk mendapatkan pekerjaan yang disesuaikan kompetitif agar tercapai tujuan yang diinginkan. Dengan adanya keahlian yang memadai tersebut akan melahirkan sumber daya manusia (SDM) yang siap pakai baik dari segi ilmu pengetahuan, moral, sikap dan kriteria lainnya yang mendukung.
        Keahlian Sumber Daya Manusia (SDM) dapat tersalurkan melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pemerintah maupun swasta yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sehingga dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan bisa dihandalkan serta bisa menjadi individu yang profesional dalam melakukan tugas-tugasnya. Kehandalan sumber daya manusia dapat tersalurkan melalui empat hal yaitu melalui ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap dan kebiasaan. Dengan terpenuhinya keempat hal tersebut, diharapkan dapat menghasilkan sumber daya yang berkualitas baik dalam dunia usaha maupun dunia pendidikan seperti yang diterapkan oleh Lembaga Pendidikan Politeknik Negeri Lhokseumawe.
        Politeknik Negeri Lhokseumawe sebagai salah satu lembaga pendidikan Tinggi yang berada di Lhokseumawe. Memiliki tujuan menghasilkan output yang dapat diserap oleh pasar kerja yang berorientasi pada industri (Practical Oriented Education) yang secara nyata memberi konstribusi positif, disamping bidang-bidang lainnya agar siap bersaing dipasar global. Politeknik Negeri Lhokseumawe sudah sejak lama menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan atau instansi yang terdapat di kota Lhokseumawe maupun sekitarnya. Kerjasama tersebut berbentuk dalam program praktik kerja lapangan yang tujuannnya untuk mendidik mahasiswa maupun mahasiswi agar lebih memperdalam pengetahuan dunia kerja yang sesungguhnya sekaligus mengimplementasi teori-teori yang didapatkan dari perkuliahan yang dikembangkan dalam Kerja Praktik.
        Waktu pelaksanaan Kerja Praktik dilaksanakan dalam jangka waktu ± 45 hari hal tersebut merupakan sebuah kesempatan yang sangat bermanfaat bagi pelaksana Kerja Praktik untuk memperdalam pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja sesungguhnya. Melalui program ini akan ditemui hal-hal baru yang belum pernah terfikirkan dimasa perkuliahan, hal tersebut tentunya akan menuntut untuk perkembangan wawasan diri sendiri agar lebih siap siaga sebelum masuk dunia kerja.
        Kerja Praktik dipandang perlu karena melihat pertumbuhan dan perkembangan ekonomi yang cepat berubah. Kerja Praktik akan menambah kemampuan untuk mengamati, mengkaji serta menilai antara teori dengan kenyataan yang terjadi dilapangan yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas managerial mahasiswa maupun mahasiswi dalam mengamati permasalahan dan persoalan, baik dalam bentuk aplikasi teori maupun  kenyataan yang sebenarnya. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengatasi permasalahan pada saat nanti sudah memasuki dunia kerja.

1.2    Tujuan Kerja Praktik
       Adapun tujuan penulis melaksanakan Kerja Praktik adalah :
1.        Memberi kesempatan untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan disiplin dan pengembangan karier dalam dunia kerja. Pada saat melaksanakan Kerja Praktik, penulis dapat menilai tentang pengembangan dari ilmu yang mereka miliki dan dapat mereka bedakan sejauh mana ilmu yang sudah dipelajari.
2.        Agar Kerja Praktik menjadi media pengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah ke tempat kerja.
3.        Meningkatkan hubungan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi  Kerja Praktik dapat menjadi media promosi lembaga terhadap institusi kerja.
4.        Memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang diperoleh di lapangan. Mahasiswa akan merasakan secara langsung perbedaan antara teori di kelas dengan yang ada di lapangan. Prktek Kerja sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman kerja sehingga dapat menjadi tenaga profesional  nantinya.
5.        Menambahkan kreatifitas Mahasiswa dan Mahasiswi agar dapat mengembangkan bakat yang terdapat dalam dirinya.
6.        Lebih dapat memahami konsep-konsep non-akademis di dunia kerja. Kerja Praktik akan memberikan pendidikan berupa etika kerja, disiplin, kerja keras, profesionalitas, dan lain-lain.
7.        Menambah wawasan  dan cakrawala mahasiswa mengenai hal-habaru yang belum di dapat di dalam perkuliahan.

1.3   Manfaat Kerja Praktik
Adapun manfaat yang dapat penulis ambil dari Kerja Praktik ini adalah :
1.        Bagi Penulis
     Penulis mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan. Melalui Kerja Praktik penulis mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja. Selain itu, dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi dan juga mengaplikasikan ilmu dan keterampilan pada masa perkuliahan melalui Kerja Praktik.
2.        Bagi Akademik
Lembaga dapat menjalin kerjasama dengan dunia usaha, Lembaga BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta, dan Instansi Pemerintahan. Dengan Kerja Praktik juga dapat mempromosikan keberadaan Akademik ditengah-tengah dunia kerja.
3.        Bagi Institusi Tempat Melaksanakan Kerja Praktik
 Institusi dapat memenuhi kebutuhan tenaga kerja lepas yang berwawasan akademi dari praktik kerja tersebut. Dunia kerja atau institusi kerja tersebut akan memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan bidangnya. Kemudian laporan Kerja Praktik dapat dimanfaatkan sebagai salah satusumber informasi mengenai situasi umum institusi tempat praktik tersebut.

1.4  Sistematika Penulisan Laporan
     Pembahasan dalam Laporan Kerja Praktik akhir ini di bagi dalam 3 bab yaitu :
BAB I    PENDAHULUAN
Dalam bab ini akan diuraikan latar belakang masalah Kerja Praktik, tujuan Kerja Praktik, manfaat Kerja Praktik dan sistematika penulisan.
BAB II   PENGALAMAN KERJA PRAKTIK
Bab ini menguraikan secara keseluruhan tentang gambaran umum perusahaan, Struktur organisasi, visi dan misi perusahaan, kegiatan umum perusahaan, pengalaman Kerja Praktik, dan hambatan selama Kerja Praktik.
BAB III   PENUTUP
Bab ini berisi kesimpulan dari hasil Kerja Praktik yang dilaksanakan dan memberikan saran yang bermanfaat di masa yang akan datang.


BAB II
PENGALAMAN KERJA PRAKTIK

2.1    Informasi Singkat Kantor Komisi Independen Pemilihan Lhokseumawe
2.1.1 Sejarah Singkat Kantor
        Secara institusional, KPU yang ada sekarang merupakan KPU ketiga yang dibentuk setelah Pemilu demokratis sejak reformasi 1998. KPU pertama (1999-2001) dibentuk dengan Keppres No 16 Tahun 1999 yang berisikan 53 orang anggota yang berasal dari unsur pemerintah dan Partai Politik dan dilantik oleh Presiden BJ Habibie. KPU kedua (2001-2007) dibentuk dengan Keppres No 10 Tahun 2001 yang berisikan 11 orang anggota yang berasal dari unsur akademis dan LSM dan dilantik oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) pada tanggal 11 April 2001. KPU ketiga (2007-2012) dibentuk berdasarkan Keppres No 101/P/2007 yang berisikan 7 orang anggota yang berasal dari anggota KPU Provinsi, akademisi, peneliti dan birokrat dilantik tanggal 23 Oktober 2007 minus Syamsulbahri yang urung dilantik Presiden karena masalah hukum .
        Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pemilu dan sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Nomor 15 tahun 2011 dalam menyelenggarakan pemilu berkomitmen dan berpedoman pada azas mandiri, jujur, adil, tertib dalam menyelenggarakan Pemilu, terbuka, profesional, efisien, dan efektif mengingat tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) adalah menyelenggarakan Pemilu Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Anggota Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), serta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden yang diselenggarakan langsung oleh rakyat. Disamping tugas tersebut juga melaksanakan penyelenggara Pemilu Kepala Daerah (Pemilukada) yaitu untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur dan Bupati dan Wakil Bupati serta Walikota dan Wakil Walikota secara langsung, sehingga untuk melaksanakan tugas tersebut maka di bentuk pula KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota di Provinsidan Kabupaten/Kota.
        Berbeda dengan daerah yang lain di mana pemilihan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). Di Aceh pemilihan diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP). Keberadaan KIP diatur dalam Undang-Undang Nomor 11 tahun 2006 tentang Pemerintah Aceh, sedangkan teknis pelaksanaannya dirinci dalam Qanun Nomor 2, 3 dan 7 tahun 2006. Komisi Independen Pemilihan (KIP) adalah bagian dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang berwenang menyelenggarakan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, Pemilihan Anggota DPR/DPRA/DPRK/, serta Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) di Aceh.

2.1.2 Visi dan Misi
        Adapun visi dari KIP Kota Lhokseumawe adalah terwujudnya Komisi Pemilihan Umum sebagai penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki integritas, profesional, mandiri, transparan dan akuntabel, demi terciptanya demokrasi Indonesia yang berkualitas berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.



Sementara itu misi dari KIP Kota Lhokseumawe adalah sebagai berikut :
1.      Membangun lembaga penyelenggara Pemilihan Umum yang memiliki kompetensi, kredibilitas dan kapabilitas dalam menyelenggarakan Pemilihan Umum;
2.      Menyelenggarakan Pemilihan Umum untuk memilih Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah, Presiden dan Wakil Presiden serta Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, adil, akuntabel, edukatif dan beradab;
3.      Meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilihan Umum yang bersih, efisien dan efektif;
4.      Melayani dan memperlakukan setiap peserta Pemilihan Umum secara adil dan setara, serta menegakkan peraturan Pemilihan Umum secara konsisten sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
5.      Meningkatkan kesadaran politik rakyat untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilihan Umum demi terwujudnya cita-cita masyarakat Indonesia yang demokratis.

2.1.3        Struktur Organisasi
        Struktur organisasi merupakan suatu rangkaian yang mewujudkan pola tetap dari hubungan-hubungan diantara bidang kerja, namun orang mewujudkan kedudukan, wewenang dan tanggung jawab dalam sistem kerjasama. Kantor KIP dipimpin oleh seorang ketua KIP yang terdiri atas beberapa Sub Bagian yang dipimpin oleh masing-masing seorang Kepala Sub Bagian.
        Adapun Struktur organisasi dan tata kerja dari sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) kota lhokseumawe (Lampiran 1) :
1.      Ketua KIP
Ketua KIP mempunyai tugas umum menyelenggarakan hukum dan pengawasan terhadap pelaksanaan pemilukada.
2.      Anggota KIP
Anggota KIP mempunyai tugas teknis penyelenggaraan, keuangan, logistik, sosialisasi pendidikan pemilu, pengembangan SDM, organisasi, humas, data, informasi dan hubungan antar lembaga.
3.      Sekretaris KIP
Sekretaris KIP mempunyai tugas umum menyelenggarakan pemerintahan ditingkat sekretariat KIP dan mengkoordinir kegiatan pemilukada.
4.      Kasubbag Program
Kasubbag Program mempunyai tugas diantaranya:
a.    Pengumpulan dan Pengolahan Data
b.    Penyusunan Rencana Pengelolaan dan Pengevaluasi Kegiatan Program
c.    Operator/ Komputer.
5.      Kasubbag Teknis dan Humas
                        Kasubbag Teknis dan Humas mempunyai tugas diantaranya:
a.    Penyusunan, Pemungutan, Perhitungan suara dan kampanye
b.    Penghimpunan data dan hasil penetapan Pemilu/ Pemilukada
c.    Verifikasi Penggantian antar waktu
6.      Kasubbag Hukum
                         Kasubbag Hukum mempunyai tugas diantaranya:
a.    Pelayanan Informasi, publikasi/ sosialisasi dan penerbitan dokumentasi dan audio visual.
b.    Penyiapan bantuan hukum dan penyelesaian sengketa hukum.
c.    Pengelolaan pengkajian dan penghimpunan perundang-udangan.
d.   Poperator/ Komputer.
7.      Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik
            Kasubbag Keuangan, Umum dan Logistik mempunyai tugas diantaranya:
a.    Pengelolaan Kepegawaian dan Pelaksanaan Urusan Rumah Tangga
b.    Bendahara pemenggang Barang
c.    Penyusunan Rencana Penggunaan Barang Logistik Pemilu/ Pilkada
d.   Pengamanan Lingkungan dan Pesuruh
e.    Administrasi/ Arsip
f.     Operator/ Komputer

2.1.4        Aktivitas Kantor
        Dalam Pasal 10 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tentang Pemilihan Umum dan Pasal 2 Keputusan Presiden Nomor 16 Tahun 1999 tentang Pembentukan Komisi Pemilihan Umum dan Penetapan Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Umum Komisi Pemilihan Umum, dijelaskan bahwa untuk melaksanakan Pemilihan Umum, KPU mempunyai tugas kewenangan sebagai berikut :
1.      Merencanakan dan mempersiapkan pelaksanaan Pemilihan Umum;
2.      Menerima, meneliti dan menetapkan Partai-partai Politik yang berhak sebagai peserta Pemilihan Umum;
3.      Membentuk Panitia Pemilihan Indonesia yang selanjutnya disebut PPI dan mengkoordinasikan kegiatan Pemilihan Umum mulai dari tingkat pusat sampai di Tempat Pemungutan Suara yang selanjutnya disebut TPS;
4.      Menetapkan jumlah kursi anggota DPR, DPRD I dan DPRD II untuk setiap daerah pemilihan;
5.      Menetapkan keseluruhan hasil Pemilihan Umum di semua daerah pemilihan untuk DPR, DPRD I dan DPRD II;
6.      Mengumpulkan dan mensistemasikan bahan-bahan serta data hasil Pemilihan Umum;
7.      Memimpin tahapan kegiatan Pemilihan Umum.
Sedangkan dalam Pasal 11 Undang-undang Nomor 3 Tahun 1999 tersebut juga ditambahkan, bahwa selain tugas dan kewenangan KPU sebagai dimaksud dalam Pasal 10, selambat-lambatnya 3 (tiga) tahun setelah Pemilihan Umum dilaksanakan, KPU mengevaluasi sistem Pemilihan Umum.
2.2    Kegiatan dan Tugas Harian
Kerja Praktik dilaksanakan selama  lebih kurang 45 hari kerja atau tepatnya dimulai pada tanggal 20 Juni 2016 sampai dengan 31 Agustus 2016. Dalam melaksanakan Kerja Praktik pada Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe banyak hal yang diperoleh oleh penulis dalam kegiatan sehari-hari selama Kerja Praktik. Kerja Praktik memberikan begitu banyak pengalaman dan pengetahuan bagi penulis, dimana dengan pengalaman dan ilmu pengetahuan tersebut membuat penulis untuk bisa lebih bertanggung jawab dan teliti serta melatih untuk lebih meningkatkan keterampilan sehingga membuat penulis benar-benar siap dan mampu menyesuaikan diri dalam memasuki dunia kerja.
        Selama Kerja Praktik penulis tidak ditempatkan pada bagian khusus. Penulis melaksanakan kegiataan pada beberapa bagian yaitu bagian umum & logistik serta bagian teknis & program, Selama melakukan Kerja Praktik penulis mendapatkan banyak pengalaman dari berbagai aktivitas yang dilakukan, adapun beberapa kegiatan atau aktivitas yang telah dikerjakan penulis pada saat Kerja Praktik di Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe adalah sebagai berikut:
1.      Membantu melayani pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) kota Lhokseumawe.
Penulis membantu melayani pendaftaran calon PPK dan PPS kota Lhokseumawe mulai dari pengambilan formulir pendaftaran sampai dengan pengembalian formulir dan persyaratannya. Kegiatan tersebut dimulai dari 21 Juni 2016 sampai dengan 28 Juni 2016.
2.      Membantu memeriksa administrasi persyaratan calon PPK dan PPS kota Lhokseumawe.
Setelah masa pendaftaran berakhir, maka penulis membantu memeriksa administrasi persyaratan calon PPK dan PPS yang telah mendaftar. Ada beberapa hal yang menjadi persyaratan lulus administrasi sebagai calon PPK dan PPS sebelum calon tersebut mengikuti tes tulis, diantaranya usia calon tersebut minimal 25 tahun. Hal tersebut dapat dilihat dari KTP calon PPK atau PPS yang  dilampirkan. Persyaratan lainnya seperti  foto copy ijazah yang dilampirkan harus dilegalisir dan dianggap tidak lulus administrasi apabila ijazah yang dilampirkan tidak dilegalisir ataupun dilegalisir secara scan. Selain itu persyaratan lainnya ialah melampirkan surat kesehatan. Apabila salah satu dari persyaratan tersebut tidak dapat dipenuhi oleh calon PPK dan PPS maka di anggap tidak lulus administrasi.
3.      Merekapitulasi data calon PPK dan PPS kota Lhokseumawe yang telah mendaftar.
Kegiatan ini merupakan proses menginput data calon PPK dan PPS yang telah mendaftar menggunakan aplikasi Microsoft Excel pada format yang telah disediakan.
4.      Menganalisis data rekapitulasi anggota PPK dan PPS yang telah menjabat 2 periode pemilihan dari tahun 2009, 2012, dan 2014.
Penulis mengamati data rekapitulasi dan mencari nama-nama anggota PPK dan PPS dari tahun 2009, 2012, dan 2014  yang telah menjabat 2 periode pemilihan. Bagi anggota PPK dan PPS yang telah menjabat 2 periode pemilihan maka dinyatakan tidak lulus sebagai anggota PPK dan PPS kota Lhokseumawe tahun 2016.
5.      Merekap kembali nama-nama anggota PPK dan PPS kota Lhokseumawe dari tahun 2009, 2012, dan 2014.
Merupakan proses menginput kembali nama-nama anggota PPK dan PPS tahun 2009, 2012, dan 2014 . seperti Biodata pribadi meliputi; nama, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, agama, status perkawinan, alamat, nomor telepon, dan pendidikan terakhir.
6.      Membantu  pelaksanaan acara pelantikan PPK dan PPS kota Lhokseumawe.
Acara pelantikan tersebut dilaksanakan pada tanggal 19-20 Juli 2016. Pada tanggal 19 Juli acara pelantikan anggota PPK diadakan di SMKN 2 Lhokseumawe sedangkan pada tanggal 20 Juli acara pelantikan anggota PPS diadakan di Hotel Lido Graha. Penulis mengikuti dan membantu mempersiapkan perlengkapan dan kebutuhan lainnya untuk acara pelantikan tersebut.
7.      Merekapitulasi Administrasi pendukung bakal calon perseorangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe .
Merekapitulasi administrasi merupakan kegiatan menceklis foto copy KTP dukungan masing-masing pasangan perseorangan dan menyesuaikannya dengan rekapitulasi yang dilampirkan serta menghitung jumlah dukungan masing-masing bakal calon pasangan.
8.      Verifikasi Administrasi pendukung bakal calon perseorangan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh serta Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe.
Verifikasi administrasi adalah mencocokan dan meneliti berdasarkan nomor induk kependudukan, nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, dan alamat dengan berdasarkan pada kartu tanda penduduk. Hal tersebut akan menentukan apakah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat dukungan yang telah diberikan kepada masing-masing bakal calon pasangan.
9.      Menyiapkan surat-surat yang akan dikirimkan kepada Anggota PPK dan PPS kota lhokseumawe.
Penulis melakukan kegiatan dimulai dari mengetik surat, mengeprint, menstempel, dan memasukkan surat kedalam amplop. Surat ini tentang undangan temu ramah.
10.  Menyiapkan perlengkapan dan kebutuhan untuk acara sosialisasi bimbingan teknis anggota PPK dan PPS tentang pemutakhiran data pemilih.
Ada beberapa perlengkapan dan kebutuhan yang harus dipersiapkan sebelum mengadakan sosialisasi tersebut. Penulis membantu memasukkan perlengkapan seperti alat tulis kantor dan modul tentang pemutakhiran data pemilih ke dalam map yang telah disediakan dan akan dibagikan kepada anggota PPK dan PPS pada saat acara tersebut dilaksanakan.
11.  Menghitung dan menyusun stiker tanda coklit pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Aceh serta Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe yang akan diserahkan kepada Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) setiap desa di kota Lhokseumawe.
PPDP bertugas mendata jumlah pemilih disetiap keluarga (Kartu Keluarga) di desanya masing-masing. Stiker tanda coklit tersebut akan ditempelkan di rumah-rumah yang telah di datanginya. Maka dalam kegiatan ini penulis menghitung stiker dan menyusun sesuai dengan jumlah Kartu Keluarga (KK) di setiap desa di kota Lhokseumawe.

2.3      Hambatan Selama Kerja Praktik
        Pelaksanaan Kerja Praktik merupakan hal yang baru bagi penulis sehingga penulis banyak menghadapi hambatan selama menjalani Kerja Praktik. Hambatan tersebut dikarenakan ilmu yang penulis dapatkan diperkuliahan kurang seimbang dengan ilmu yang ada dilapangan sehingga membuat penulis sedikit kebingungan dalam menyelesaikan pekerjaan yang ada dikantor tersebut. Bagaimanapun ini merupakan sebuah tantangan penulis untuk menggali wawasan untuk memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Hambatan-hambatan yang penulis alami saat melaksanakan Kerja Praktik yaitu :
1.      Kurangnya waktu pelaksanaan Kerja Praktik sehingga terbatasnya ilmu dan pemahaman tentang Pemilihan Umum.
2.      Kerja Praktik berlangsung selama Bulan Suci Ramadhan sehingga adanya kesulitan menjumpai pembimbing untuk berkonsultasi.
3.      Tempat pelaksanaan Kerja Praktik berbeda dengan bidang penulis sehingga adanya kesulitan dalam melaksakan tugas-tugas yang diberikan.


BAB III
PENUTUP

3.1  Kesimpulan
        Setelah melaksanakan Kerja Praktik, penulis dapat mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut:
1.        Kerja Praktik memberi kesempatan untuk mengenal dan mengetahui secara langsung tentang instansi sebagai salah satu penerapan disiplin dan pengembangan karier dalam dunia kerja. Pada saat melaksanakan Kerja Praktik Lapangan, penulis dapat menilai tentang pengembangan dari ilmu yang mereka miliki agar menjadikan Kerja Praktik sebagai media pengaplikasian dari teori yang diperoleh dari bangku kuliah ke tempat kerja. Dengan adanya Kerja Praktik ini bisa meningkatkan hubungan kerjasama antara perguruan tinggi dengan instansi, Kerja Praktik dapat menjadi media promosi lembaga terhadap institusi kerja. Dan juga untuk memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang diperoleh di lapangan. Mahasiswa akan merasakan secara langsung perbedaan antara teori di kelas dengan yang ada di lapangan. Kerja Praktik sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengalaman dan profesionalisme di dalam dunia kerja.
2.        Penulis mendapatkan keterampilan untuk melaksanakan program kerja pada perusahaan maupun instansi pemerintahan. Melalui Kerja Praktik penulis mendapatkan bentuk pengalaman nyata serta permasalahan yang dihadapi dunia kerja. Selain itu, penulis akan menumbuhkan rasa tanggung jawab profesi di dalam diri melalui Kerja Praktik.
3.        Kantor Sekretariat Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe merupakan instansi Pemerintahan yang menyelenggarakan Pemilihan Umum di Kota Lhokseumawe.
4.        Pengalaman penulis selama melaksanakan Kerja Praktik adalah membantu melayani pendaftaran anggota PPK dan PPS, melakukan pemeriksaan administrasi persyaratan, sampai dengan mempersiapkan acara pelantikannya. Selain itu penulis juga dapat mengetahui tahapan pencalonan bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Lhokseumawe serta bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh.
5.        Pemilihan Umum dilakukan secara umum, bebas, rahasia, jujur, adil, akuntabel, edukatif dan beradab. Serta dapat meningkatkan Kesadaran masyarakat tentang pemilihan umum demi terwujudnya cita-cita masyarakat indonesia tentang demokratis.

3.2    Saran
        Akhir dari penulisan laporan Kerja Praktik ini, penulis ingin menyampaikan sedikit masukan baik kepada lembaga pendidikan Politeknik Negeri Lhokseumawe maupun lingkungan perusahaan. Adapun saran-saran yang ingin disampaikan oleh penulis adalah sebagai berikut:
1.      Hendaknya koordinator atau pembimbing KPL melakukan tinjauan langsung ke instansi tempat mahasiswa melaksanakan KPL agar dapat mengetahui perkembangan mahasiswa selama KPL dan dapat meningkatkan kerja sama antara lembaga pendidikan dengan instansi tersebut.
2.      Instansi sebaiknya memperhatikan fasilitas-fasilitas yang tersedia agar dapat meningkatkan kinerja pegawai. Dengan demikian kegiatan di Sekretariat KIP kota Lhokseumawe dapat berjalan dengan lancar dan dapat mewujudkan pemilihan umum yang bebas, rahasia, jujur, adil, akuntabel, edukatif dan beradab.

14494625_1111644822237888_2303805265958545921_n.jpg

Nama                                       : Muhammad Nasri
Tempat/Tanggal Lahir : Kandang, 02 Juli 1994
Jenis Kelamin                          : Laki-Laki
Alamat                                                : Gampong Blang Crum Kec.Muara Dua Kota Lhokseumawe
Agama                                     : Islam
No Induk Mahasiswa              : 1463411101
Jurusan                                    : Tata Niaga
Prodi                                       : Administrasi Bisnis
Pendidikan                              : SD MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE
                                                  SMPN 13 KOTA LHOKSEUMAWE
                                                  SMKN 3 KOTA LHOKSEUMAWE
                                                  POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE
No.Telp                                   : 085207374794
Email                                       : muhammad.nasri1994@yahoo.com
Nama Ayah                             : Harun Adam
Nama Ibu                                : Aisyah (alm) 

1 komentar: