Hubungan
pr dengan pihak intern
Definisi Internal Public Relations
Kegiatan internal Public Relations adalah
kegiatan yang ditujukan untuk internal publik organisasi / perusahaan. Publik
internal adalah semua elemen yang mempengaruhi secara langsung dalam
keberhasilan perusahaan, seperti karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham,
dewan direksi perusahaan dan sebagainya.
Melalui kegiatan Internal Public Relations
diharapkan dapat memenuhi kebutuhan internal dan kepentingan umum dari
organisasi / perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara pihak-pihak yang
terkait dengan perusahaan itu akan menciptakan iklim kerja yang baik. Dengan
demikian operasi perusahaan akan berjalan dengan lancar.
Kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh Petugas Hubungan Masyarakat,
yaitu :
Hubungan dengan karyawan (employee relations)
Sebuah PR harus dapat berkomunikasi dengan
semua tingkatan karyawan baik secara formal maupun informal untuk menentukan
kritik dan saran yang dapat dipertimbangkan dalam pembuatan kebijakan dalam
organisasi / perusahaan mereka.
Sebuah PR harus mampu menjembatani
komunikasi antara manajemen dan karyawan. Karena program memegang hubungan
karyawan diharapkan akan mengarah pada hasil positif yang karyawan merasa
dihargai dan dirawat oleh perusahaan. Sehingga tercipta rasa memiliki (sense of
belonging), motivasi, kreativitas dan ingin mencapai performa maksimal.
Hubungan dengan
pemegang saham (stockholder relations)
Sebuah PR juga harus mampu membangun
hubungan yang baik dengan pemegang saham, dan mampu berkomunikasi apa yang
terjadi dalam organisasi / perusahaan. Karena sebagai penyandang dana, mereka
harus selalu tahu perkembangan perusahaan secara transparan dalam rangka
meningkatkan kepercayaan diri mereka dalam perusahaan. Dengan demikian akan
menghilangkan kesalahpahaman dan kecurigaan terhadap perusahaan.
Internal Public Relations
Kegiatan Internal Public Relations merupakan kegiatan yang
ditujukan untuk publik internal organisasi/perusahaan. Publik internal adalah
keseluruhan elemen yang berpengaruh secara langsung dalam keberhasilan
perusahaan, seperti karyawan, manajer, supervisor, pemegang saham, dewan
direksi perusahaan dan sebagainya
Melalui kegiatan Internal Public Relations diharapkan
dapat memenuhi kebutuhan dan kepentingan publik internal dari
organisasi/perusahaan. Dengan hubungan yang harmonis antara pihak-pihak yang
terkait dalam perusahaan maka akan tercipta iklim kerja yang baik. Dengan
begitu kegiatan operasional perusahaan akan berjalan dengan lancar.
ᴥ Kegiatan hubungan internal yang dilakukan oleh seorang Public
Relations Officers, yaitu
a. Hubungan dengan karyawan (employee
relations)
Seorang PR harus mampu berkomunikasi dengan segala lapisan karyawan baik
secara formal maupun informal untuk mengetahui kritik dan saran mereka sehingga
bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam pengambilan kebijakan dalam
organisasi/perusahaan. Seorang PR harus mampu menjembatani komunikasi antara
pimpinan dan karyawan. Karena dengan diadakan program employee
relations diharapkan akan menimbulkan hasil yang positif yaitu
karyawan merasa dihargai dan diperhatikan oleh pimpinan perusahaan. Sehingga
dapat menciptakan rasa memilki (sense of belonging), motivasi,
kreativitas dan ingin mencapai prestasi kerja semaksimal mungkin.
b. Hubungan dengan pemegang
saham (stockholder relations)
Seorang PR juga harus mampu membina hubungan yang baik dengan pemegang saham,
serta mampu mengkomunikasikan apa yang terjadi dalam organisasi/perusahaan.
Karena sebagai penyandang dana, mereka harus selalu tahu perkembangan
perusahaan secara transparan agar dapat meningkatkan kepercayaan mereka
terhadap perusahaan. Dengan demikian akan menghilangkan kesalahpahaman dan
kecurigaan terhadap perusahaan.
► Contoh public internal PR dalam suatu perusahaan :
· Pimpinan: Memegang kendali agar perusahaan tetap kokoh
· Pemegam saham: Membantu pimpinan dalam mengendalikan perusahaan
· Karyawan: Secara tidak langsung dan langsung ikut serta mengendalikan
perusahaan
· Peraalatan perusahaan: Kalau tidak ada peralatan,perusahaan tdiak
dapat memproduksi produk
· Produk:
Merupakan bagian internal terpenting dalam suatu perusahaan.
· Gaji: Kalau gaji layak maka karyawan akan semakin giat untuk
memproduksi produk.
internal
public relations
hubungan yang dijalin oleh humas yang menyangkut
hubungan antara stakeholder dengan pemilik perusahaan atau pemegang saham.
hubungan yang dijalin ini ditujukan untuk menciptakan sebuah kenyamanan kerja
yang kondusif. menjalin kedekatan dapat membangun sebuah keakraban antara
stakeholder dengan stakeholder maupun stakeholder dengan pemilik perusahaan.
hal ini dimaksudkan untuk menumbuhkan kekompakan dan menjalin kerjasama di
lingkungan perusahaan.
lingkungan kerja yang nyaman dan kompak akan membuat
suasana kerja menjadi menyenangkan dan semangat. dengan adanya kekompakan dalam
tim, dapat mempengaruhi hasil kerja dan kemajuan sebuah perusahaan dan
memunculkan ide-ide baru yang segar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar