Analisa
kerja Kepala Bagian Marketing
IDENTITAS
JABATAN
NAMA JABATAN : KEPALA BAGIAN MARKETING
BAGIAN ORGANISASI : DEPARTEMEN MARKETING
ATASAN LANGSUNG : MARKETING MANAGER/ASIST.
MARKETING
MANAGER
(Bertanggung jawab kepada)
BAWAHAN : 1. Seksi Hubungan Pelanggan
2. Seksi Administrasi Pemasaran
3. Seksi
Ekspedisi
SASARAN
TUGAS
1.
Menentukan
strategi pemasaran yang efektif dan efisien dengan memperhatikan sumber daya perusahaan.
2.
Menjalin
hubungan dengan pelanggan khususnya dalam hal penanganan komplain, pengukuran kepuasan
pelanggan.
3.
Menciptakan kenyamanan kerja karyawan
perusahaan dengan mengoptimalkan fungsi kerja di Bagian Marketing.
4.
Menjalin hubungan, koordinasi dan kerja sama
yang baik di dalam intern bagian Marketing maupun dengan Bagian lain terkait
dengan kelancaran proses kerja di Bagian Marketing.
TUGAS
PERENCANAAN
1.
Melakukan
perencanaan strategi pemasaran hasil produksi yang terpadu dan efisien dengan
memperhatikan sumber daya perusahaan.
2.
Menyusun perencanaan program kerja untuk
jangka pendek dan jangka panjang dalam menunjang terlaksananya tujuan
pemasaran.
3.
Merencanakan dan menganggarkan biaya pemasaran
/ marketing seefisien mungkin dengan koordinasi bersama atasan.
4.
Melakukan perencanaan prosedur kerja yang
efektif di Bagian Marketing sehingga dapat mendukung perkembangan perusahaan.
PELAKSANAAN
1.
Melakukan
koordinasi kerja dan pembagian / pendelegasian tugas serta tanggung jawab di
lingkungan intern Bagian Marketing untuk menghasilkan pola kerja yang lebih
baik.
2.
Melakukan
koordinasi dengan Bagian lain untuk mendukung kelancaran proses kerja di
perusahaan.
3.
Menjalin relasi dan kerja sama yang baik
dengan konsumen / pelanggan.
4.
Melakukan
analisa penerapan prosedur yang berlaku di Bagian Marketing sebagai bahan
evaluasi atas prosedur yang sudah ada.
5.
Melakukan analisa laporan kondisi dan situasi
pasar beserta analisa pesaing.
6.
Menetapkan
kalkulasi harga jual produksi sebagai patokan harga yang ditawarkan ke pasar /
pelanggan.
7.
Menyampaikan
laporan hasil kerja ke Marketing Manager untuk dilakukan evaluasi dan analisa.
8.
dan
hasil produksi.
9.
Melakukan koordinasi dengan Bagian terkait
untuk mendukung kelancaran cara kerja di Bagian Marketing.
10.
Melakukan
penilaian karya kepada para bawahan dengan memberikan pembinaan dan pengarahan
kepada bawahan.
11.
Menjalankan
tugas-tugas yang diminta oleh atasan sehubungan dengan fungsi kerja di Bagian
Marketing.
TUGAS
PENGAWASAN
1.
Melakukan
pengawasan dan pengendalian terhadap proses dan cara kerja di Bagian Marketing.
2.
Melakukan
pengawasan di Bagian Marketing sehingga dapat bekerja sesuai dengan ketentuan
perusahaan.
3.
Melakukan
pengawasan dan pengendalian biaya pemasaran.
4.
Melakukan pengawasan terhadap kedisiplinan
kerja dan ketertiban bawahan baik yang bersifat operasional maupun
administratif agar dapat bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawab
personil Bagian Marketing.
5.
Mengawasi
dan mengendalikan pelaksanaan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) di
lingkungan kerja Bagian Marketing.
6.
Melaksanakan
tugas-tugas lain yang diminta oleh atasan.
7.
Melakukan monitoring terhadap kelancaran
proses pengiriman barang.
TANGGUNG JAWAB
1.
Bertanggung
jawab terhadap kelancaran dan terlaksananya tujuan pemasaran sesuai strategi
dan sasaran pemasaran yang ditetapkan.
2.
Bertanggung
jawab atas segala kegiatan dan permasalahan yang terjadi dalam intern Bagian
Marketing.
3.
Bertanggung
jawab atas pengendalian biaya pemasaran.
4.
Bertanggung jawab terhadap hasil survey
pengukuran kepuasan pelanggan.
5.
Bertanggung jawab atas konsistensi pelaksanaan
prosedur yang berlaku di Bagian Marketing dan melakukan analisa atas efisiensi
prosedur tersebut.
6.
Bertanggung
jawab atas pembinaan dan pengarahan kepada bawahan.
7.
Bertanggung jawab atas kedisiplinan kerja
bawahan sesuai dengan ketentuan perusahaan yang berlaku.
8.
Bertanggung
jawab atas kebenaran dokumen-dokumen yang dikeluarkan oleh Bagian Marketing.
9.
Bertanggung
jawab atas pelaksanaan tugas-tugasnya kepada Marketing Manager.
WEWENANG
TUGAS
1. Berwenang
memberikan usulan strategi pemasaran kepada Marketing Manager.
2. Berwenang
untuk mengembangkan pola kerja di Bagian Marketing dengan memperhatikan sumber
daya yang ada.
3. Berwenang
untuk melakukan koordinasi dengan Bagian lain sehubungan dengan pelaksanaan
fungsi kerja di Bagian Marketing.
4. Berwenang
untuk mengawasi dan mengontrol pelaksanaan tugas-tugas administratif dan
operasional bawahan.
5.
Berwenang
untuk menegur bawahan apabila melanggar tata tertib perusahaan.
6.
Berwenang
untuk mengajukan promosi jabatan dan mutasi yang bersifat intern maupun
ekstern, dengan melakukan koordinasi bersama Bagian Personalia.
7. Berwenang
mengajukan program pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di
jajaran Marketing dengan melakukan koordinasi ke Bagian yang berwenang.
8. Berwenang
melakukan langkah-langkah tindak lanjut dan penyelesaian terhadap keluhan dari
pelanggan.
9. Berwenang
mengajukan pendapat kepada Marketing Manager untuk menerima atau menolak
permintaan order dari pelanggan.
10.Berwenang
untuk melakukan penghapusan Surat Jalan apabila terjadi pembatalan pengiriman.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar